2.12.2010

Moe!


Moe..,moe..,kyuun!,well..,pasti kita sering mendengar kata-kata itu di dalam sebuah anime.Moe..,sebenerya apa sih definisi moe itu?,berikut penjelasannya:


Moe..,moe...,kyuuuuuuuuuuuun!!!! n_n


Moe (萌え ?, berarti "kuncup" pada tanaman) adalah sebuah slang dalam bahasa Jepang yang pada awalnya berarti minat kuat terhadap karakter tertentu dalam permainan video maupun anime dan manga. Sebagai contoh, 眼鏡っ娘萌え, meganekko-moe, "moe gadis berkacamata", menggambarkan seseorang yang tertarik pada karakter fiksional yang berkacamata.

"Moe!" juga digunakan dalam fandom anime sebagai kata seru merujuk pada karakter yang dianggap pembicara sebagai moekko. Hal ini bahkan juga digunakan dalam beberapa anime, seperti Ouran High School Host Club, Ai Kora, Lucky Star, Kaichou-wa Maid-sama!, The Melancholy of Haruhi Suzumiya, dan K-On!. Kini ada berbagai penafsiran tentang apa arti moe. Joseph L. Dela Pena berpendapat bahwa moe adalah perasaan murni dan ingin melindungi terhadap suatu karakter.

Kedua cara pengejaan, moe maupun moé, digunakan dalam Bahasa Inggris.Beberapa penulis menambahkan tanda aksen tersebut untuk menandakan bahwa kata ini harus diucapkan sebagai dua morae, "mo" dan "e". Tapi penulisan "moé" seperti ini tidak sesuai dengan standar romanisasi.

Sejarah Moe

Asal dan etimologi kata ini belum diketahui saat ini. Pemerhati anime John Oppliger menjelaskan beberapa teori populer yang menggambarkan bagaimana istilah muncul dari nama pahlawan anime (seperti Hotaru Tomoe - Sailor Saturnus dari Sailor Moon atau Moe Sagisawa dari anime tahun 1993 Kyouryuu Wakusei).Psikolog Tamaki Saitō mengidentifikasikan moe berasal dari kata "kuncup" dalam bahasa Jepang.

Sekitar tahun 1980 terjadi perubahan ejaan "燃え" menjadi "萌え". Ini disebabkan karena adanya kesalahan saat masyarakat Jepang mengetik huruf-huruf kanji lewat BBS, di mana huruf-huruf 燃え tertulis sebagai 萌え, karena romanisasi mereka yang sama. Akhirnya kata ini dipakai oleh orang-orang BBS, kalangan otaku serta program-program TV Jepang.

Antropomorfisme moe

Antropomorfisme moe berarti karakteristik moe diterapkan untuk memberikan unsur kemanusiaan pada objek bukan manusia. Serial permainan video Gradius menghadirkan sebuah pesawat ruang angkasa bernama Vic Viper. Dalam permainan spin-offnya, moe diterapkan pada Vic Viper menjadikannya sebagai Otomedius Karakter moe berkembang di pasar media Jepang. Pada tahun 2004, pasar media moe, termasuk media cetak, video, dan permainan, bernilai 88 miliar yen — hampir sepertiga perkiraan pemasukan pasar otaku di Jepang (290 miliar).

source===>"wikipedia"

n_n






2 comments: